Review E-book IT Service Management

 

E-Book IT Service Management merupakan sebuah buku yang berisikan tentang suatu sistem manajemenlayanan teknologi informasi, yaitu ITSM (IT Service Management). Buku ini ditulis oleh Ernest Brewster, Richard Griffiths, Aidan Lawes, dan John Sansbury. Buku ini berbahasa Inggris, dan berisikan 241 halaman secara keseluruhan. 

Buku ini dapat dijadikan pedoman untuk mempelajari lebih dalam mengenai suatu manajemen layanan pada teknologi informasi. Buku ini berisikan 4 bagian atau bab yang memiliki pertanyaan-pertanyaan diakhir bagian tersebut. Materi yang diangkat pada buku ini adalah IT Service Management yang merupakan metode dalam mengelola sistem teknologi di bidang bisnis maupun layanan informasi. ITSM ini berfokus terhadap konsumen dengan mementingkan penilaian ataupun perspektif pengguna layanan dalam membangun manajemen yang lebih baik.

ITSM memiliki kerangka kerja dalam mencapai tujuan layanan yang baik bagi konsumen. Kerangka kerja tersebut ialah Information Technology Infrastructure Library (ITIL). ITIL sendiri merupakan pendekatan manajemen layanan di suatu siklus hidup ITSM. Layanan ini akan berfokus pada siklus serta komponen manajemen di dalam perusahaan. ITIL ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation dan Continual Service Improvement.

Buku ini menjelaskan secara menyeluruh mengenai manajemen layanan tersebut. Ernest Brewster yang merupakan salah satu penulis buku ini sudah lebih dari 30 tahun mendalami bidang IT. 20 tahun diantaranya adalah menjadi seorang senior manajer, serta menjadi kepala di bidang IT pada Fife Council. 

Buku ini juga memiliki glosarium yang dapat pembaca gunakan dalam memahami singkatan serta istilah yang ada di dalam buku.

Buku ini memiliki pendekatan yang berisikan pengalaman yang diringkas secara sederhana dan terurut di kehidupan nyata ketika bekerja di suatu organisasi dengan konsep dan prinsip ITIL. Sehingga diharapkan pembaca dapat memahami isi buku dengan sebaik-baiknya.

Sekian penilaian serta perspektif saya mengenai buku IT Service Management.

- Septiyani Nadia Astuti

Universitas Gunadarma 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi Siklus Manajemen Layanan TI pada McDonald's Indonesia