MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PT. ASDP INDONESIA FERRY

 

Manajemen Layanan Sistem Informasi PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero)

Profil PT. ASDP Indonesia Ferry



PT ASDP Indoensia Ferry yang biasa disebut ASDP merupakan salah satu badan usaha milik negara yang bergerak pada bidang transportasi air. ASDP memiliki layanan berupa transportasi  dan akomodasi untuk public dalam perjalanan antar pulau. ASDP berdiri pada 27 Maret 1973 hingga saat ini. ASDP tercatat pada 2020 memiliki 4 kantor regional serta 29 kantor cabang yang diperuntukan dalam mengelola 34 pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun visi dan misi PT ASDP Indoensia Ferry :

Visi

Terdepan dalam menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata waterfront

Misi

1.     Menciptakan dan mengoptimalkan nilai perusahaan dengan menghubungkan masyarakat dan pasar.

2.     Menekankan keunggulan operasional melalui:
   • Budaya Pelayanan yang profesional dan berkualitas
   • Fasilitas pelabuhan terintegrasi, armada dan infrastruktur yang handal
   • Penerapan teknologi berbasis nilai

3.     Aktif mendukung dan berperan dalam pengembangan ekonomi melalui layanan logistik dan tujuan wisata pilihan.

4.     Secara konsisten mengedepankan keselamatan dan layanan penuh keramahan, tulus dan berkualitas.

5.     Penerapan standar lingkungan berkelanjutan.

Implementasi Manajemen Layanan SI pada PT ASDP Indonesia Ferry

Manajemen layanan yang diberikan oleh ASDP dalam menunjang segala aktivitas yang terjadi di dalam perusahaan diatur secara structural di dalam perusahaan. Sususan yang terbentuk di dalam perusahaan ASDP adalah sebagai berikut :

1.     Dewan Komisaris

-        Komisaris Utama

-        Komisaris

2.     Direksi

-        Direktur Utama

-        Direktur Komersial Pelayanan

-        Direktur Teknik dan Fasilitas

-        Direktur Perencanaan dan Pengembangan

-        Direktum SDM dan Layanan Korporasi

-        Direktur Keuangan dan TI


Layanan Teknologi Informasi pada PT ASDP Indonesia Ferry

Media Internet

ASDP membangun suatu media internet yang dapat diakses oleh masyarakat secara umum dan bebas. Layanan yang diberikan ini berupa Laman Website https://www.indonesiaferry.co.id/ serta informasi layanan yang dapat pula di akses di media sosial WhatsApp, Twitter, Instagram dan Facebook. Reservasi Tiket Kapal melalui laman website, serta informasi paket perjalanan dan promo yang dapat dipesan di website ASDP. Selain itu, ASDP juga memiliki call center yang tersedia 24 jam untuk melayani pelanggan.


Ferizy

ASDP membentuk suatu aplikasi bernama Ferizy yang dapat di unduh di playstore untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket dari ponsel pintar masing-masing. Aplikasi ini juga berisi dengan informasi terkait layanan maupun berita perusahaan serta informasi akan pelabuhan dan kapal yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry.



Survey kepuasan pelanggan

PT ASDP Indonesia Ferry turut melakukan survey kepada seluruh masyarakat di laman websitenya untuk berpartisasi dalam pengisian survey pelayanan guna memberikan perubahan dan perbaikan atas layanan serta fasilitas di pelabuhan maupun kapal. Para pengguna dapat menuliskan komentar, saran serta keluhan mengenai layanan yang diberikan pertugas, kebersihan dan kelengkapan fasilitas yang telah diberikan.

Agen Resmi

PT ASDP juga bekerja sama dengan instansi lain untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan untuk memesan tiket secara online melalui agen resmi yaitu AgenBRILink, Alfamart, Indomaret serta Finpay.



Metode Pembayaran

PT ASDP menyediakan banyaknya metode pembayaran yang mengikuti perkembangan di masyarakat. Untuk pembelian tiket di pelabuhan, ASDP hanya melayani transaksi Non Tunai. Sedangkan untuk pembelian secara online banyak sekali pilihan pembayaran yang dapat digunakan pelanggan.



Layanan yang diberikan oleh ASDP diharapkan mampu memenuhi seluruh kebutuhan para pelanggannya serta dapat membangun kegiatan ekonomi yang lancer bagi negara.

 

Septiyani Nadia Astuti

11120086 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implementasi Siklus Manajemen Layanan TI pada McDonald's Indonesia