MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PT. ASDP INDONESIA FERRY
Manajemen Layanan Sistem Informasi PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero)
Profil PT. ASDP Indonesia Ferry
PT ASDP Indoensia Ferry yang biasa disebut ASDP
merupakan salah satu badan usaha milik negara yang bergerak pada bidang
transportasi air. ASDP memiliki layanan berupa transportasi dan akomodasi untuk public dalam perjalanan
antar pulau. ASDP berdiri pada 27 Maret 1973 hingga saat ini. ASDP tercatat
pada 2020 memiliki 4 kantor regional serta 29 kantor cabang yang diperuntukan
dalam mengelola 34 pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Adapun visi dan misi PT ASDP Indoensia Ferry :
Visi
Terdepan dalam menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata waterfront
Misi
1. Menciptakan
dan mengoptimalkan nilai perusahaan dengan menghubungkan masyarakat dan pasar.
2. Menekankan
keunggulan operasional melalui:
• Budaya Pelayanan yang profesional dan berkualitas
• Fasilitas pelabuhan terintegrasi, armada dan infrastruktur yang
handal
• Penerapan teknologi berbasis nilai
3. Aktif
mendukung dan berperan dalam pengembangan ekonomi melalui layanan logistik dan
tujuan wisata pilihan.
4. Secara
konsisten mengedepankan keselamatan dan layanan penuh keramahan, tulus dan
berkualitas.
5. Penerapan standar lingkungan berkelanjutan.
Implementasi Manajemen Layanan SI pada PT ASDP Indonesia Ferry
Manajemen layanan yang diberikan oleh ASDP dalam menunjang
segala aktivitas yang terjadi di dalam perusahaan diatur secara structural di
dalam perusahaan. Sususan yang terbentuk di dalam perusahaan ASDP adalah
sebagai berikut :
1. Dewan
Komisaris
-
Komisaris Utama
-
Komisaris
2. Direksi
-
Direktur Utama
-
Direktur Komersial Pelayanan
-
Direktur Teknik dan Fasilitas
-
Direktur Perencanaan dan Pengembangan
-
Direktum SDM dan Layanan Korporasi
- Direktur Keuangan dan TI
Layanan Teknologi Informasi pada PT ASDP Indonesia Ferry
Media Internet
Ferizy
ASDP membentuk suatu aplikasi bernama Ferizy yang dapat di unduh di playstore untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket dari ponsel pintar masing-masing. Aplikasi ini juga berisi dengan informasi terkait layanan maupun berita perusahaan serta informasi akan pelabuhan dan kapal yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry.
Survey kepuasan pelanggan
PT ASDP Indonesia Ferry turut melakukan survey kepada seluruh masyarakat di laman websitenya untuk berpartisasi dalam pengisian survey pelayanan guna memberikan perubahan dan perbaikan atas layanan serta fasilitas di pelabuhan maupun kapal. Para pengguna dapat menuliskan komentar, saran serta keluhan mengenai layanan yang diberikan pertugas, kebersihan dan kelengkapan fasilitas yang telah diberikan.
Agen Resmi
PT ASDP juga bekerja sama dengan
instansi lain untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan untuk memesan
tiket secara online melalui agen resmi yaitu AgenBRILink, Alfamart, Indomaret
serta Finpay.
Metode Pembayaran
PT ASDP menyediakan banyaknya metode pembayaran yang mengikuti perkembangan di masyarakat. Untuk pembelian tiket di pelabuhan, ASDP hanya melayani transaksi Non Tunai. Sedangkan untuk pembelian secara online banyak sekali pilihan pembayaran yang dapat digunakan pelanggan.
Layanan yang diberikan oleh ASDP diharapkan mampu memenuhi seluruh kebutuhan para pelanggannya serta dapat membangun kegiatan ekonomi yang lancer bagi negara.
Septiyani Nadia Astuti
11120086
Komentar
Posting Komentar